jump to navigation

Pengamanan Dasar untuk Komputasi Rumah November 1, 2008

Posted by cahbanjar in Seputar Komputer.
Tags: , , , ,
trackback

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dalam pemakaian komputer di rumah (komputasi rumah) dapat berjalan dengan aman dan nyaman.

Tiga Langkah Mudah
Sebagai pengguna komputer di rumah, dalam mengakses Internet baik melalui koneksi broadband maupun secara tradisional mempergunakan dial up, Anda sebaiknya melakukan minimal tiga langkah pengamanan dasar berikut ini untuk melindungi kenyamanan proses komputasi Anda di rumah:
1. Installasi dan pemeliharaan Software Antivirus
Ada beberapa paket software anti-virus yang tersedia di pasaran. Software ini mendeteksi virus yang dikenali dengan cara memindal komputer secara periodik. Banyak diantaranya juga mendeteksi virus dari email yang masuk. Sangat penting untuk meng-update software anti-virus ini secara rutin.
2. Update Antivirus
Hampir setiap hari ditemukan virus baru. Paling tidak sekali dalam satu minggu Anda harus meneliti situs web vendor yang membuat software anti-virus tersebut untuk memastikan apakah ada file update yang tersedia.
3. Jangan Membuka File ataupun Email yang Tidak Dikenal
Banyak virus dan worms yang disebut “social engineering”. Maksudnya adalah virus atau worms ini memanipulasi Anda dalam proses penyebarannya. Virus terbaru dapat tampak tersamar sebagai email yang terkirimdari suatu alamat, sehingga tampak seperti dikirimkan oleh seseorang, bukan oleh komputer yang menginfeksinya. Jika ada email dari sesorang yang tidak Anda kenal, cara termudah adalah dengan langsung menghapusnya tanpa melihatnya. Jika email tampak dari seseorang yang Anda kenal, Anda sebaiknya membacanya dengan seksama sebalum mambuka file attachment apapun. Virus dan worms biasanya sering mempergunakan Bahasa Inggris yang buruk dan tata bahasa yang kacau. Pikirkanlah kemungkinan apakah orang yang Anda kenal tersebut akan menulis email tersebut atau mengirimkan file attachment seperti itu. Jika ragu, hubungi orang yang Anda kenal tersebut untuk mengkonfirmasikan apakah mareka benar-benar mengirimnya sebelum membuka file attachment tersebut.

Pastikan komputer Anda terlindungi dari hal-hal yang membahayakan. Saat virus baru diketemukan, berarti ancaman baru juga ditemukan. Banyak diantaranya yang berjalan pada Sistem Operasi, seperti Windows. Tetapi virus-virus ini juga seringkali diketemukan pada aplikasi-aplikasi lain seperti web browser, software email, dan berbagai aplikasi 3rd party lainnya. Membiarkan komputer terbuka bagi siapa saja tanpa dilindungi pengaman sekuritas bisa mengakibatkan komputer tersebut dengan mudah diganggu oleh para hacker.

Memastikan selalu up to date dapat menjadi hal yang sulit. Beberapa vendor software, seperti Microsoft telah mengotomatisasi softwarenya dengan utility yang mendeteksi ada tidaknya update dan memberitahukannya kepada Anda.Beberapa vendor yang lain mempunyai mailing list dimana Anda bisa bergabung dan mereka akan memberitahu setiap kali ada update terbaru. Jika vendor Anda tidak menawarkan satupun dari solusi tersebut, sebaiknya Anda sering mengunjungi website pendukung layanannya secara rutin untuk melihat apakah ada patches atau update terbaru
Sumber : http://www.beritanet.com/Technology/Security/pengamanan-komputasi-rumah.html

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: