jump to navigation

Tips Mempercepat Kinerja Hardisk Oktober 24, 2008

Posted by cahbanjar in Seputar Komputer.
Tags: , , , , , , ,
trackback

1. Jika hardisk hampir penuh, maka waktu responnya akan lambat. Langkah pertama, gunakan tool Disk Cleanup untuk menghapus file lama dan mengkompresi file yang ingin anda simpan. Selanjutnya hapus aplikasi yang tidak diinginkan dengan menggunakan Add and Remove Programs.
2. Defrag hardisk secara rutin, terutama jika baru melakukan pembersihan besar-besaran. Defrag akan mengurutkan ulang data pada hardisk, menempatkan blok data secara berdampingan dan mempercepat waktu pencarian.
3. Pindahkan folder print spool ke drive lain untuk mempercepat proses pencetakan. Buat folder baru pada drive lain. Buka Printer and Faxes pada control panel, selanjutnya klik File, Server Properties, pilih tab Advances dan kemudian ada folder Spoll, masukan ke lokasi yang baru.
4. Write Caching memungkinkan data ditulis ke cache dan disimpan ke hardisk pada waktu idle. Pada Device Manager klik kanan hardisk anda dan pilih properties. Selanjutnya klik pada “Enable write caching on disk”.
5. Pengindeksan hardisk mempercepat waktu pencarian, akan tetapi apabila dilakukan beberapa pencarian, maka hardisk akan menjadi lamban dan mempengaruhi pekerjaan yang lain. Pada My Computer, klik kanan drive C, pilih Properties, hilangkan tanda centang pada “Allow Indexing Service….”
6. Percepat waktu startup dengan mengurangi beban yang diberika ke hardisk. Gunakan System Configuration Utility (msconfig) untuk menghapus item yang tidak dibutuhkan pada startup, tetapi biarkan program penting seperti antivirus.

Selamat meningkatkan kinerja hardisk anda.
Sumber : Majalah PC Media Edisi Pebruari 2007 (Know-How, hal : 73)

Komentar»

1. ferry - November 11, 2008

makasih ya mas,, mas kalo ada waktu bisa kirimin tips trik yang kaya ginian ga. tapi yang lain makasih ya moga sukses


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: