jump to navigation

Menyambut Ramadhan Agustus 26, 2008

Posted by cahbanjar in Renungan Hati.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

Assalamu’alaikum Wr.Wb,

Alhamdulillah, bulan Ramadhan, bulan yang selalu dinanti dan ditunggu oleh seluruh umat Islam di dunia ini sebentar lagi akan mengunjungi kita. Ibarat sudah didepan mata. Ada tradisi dan kebiasaan kita terutama masyarakat Jawa, untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan mengadakan acara nyadran, dengan syukuran dan bersih kuburan. Ada apa dibalik tradisi tersebut ?

Sebagai orang awam, aku menilai bahwa tradisi tersebut mengandung makna bahwa sebagai ciptaan Allah SWT, kita sepatutnya harus senantiasa bersyukur atas semua nikmat dan karunia yang telah Allah berikan kepada kita secara gratis. Kita tidak pernah dipungut bayaran sepeserpun untuk semua nikmat yang telah kita dapatkan. Udara yang kita hirup, angin yang kita rasakan, panas sinar matahari, air yang mengalir dan segudang kenikmatan lainnya. Coba bisakah kita bayangkan, berapa nilai dari semua itu ? Tidak terhitung. Allah hanya mengharuskan hamba-hamba_Nya untuk senantiasa bersyukur. Eling marang Gusti Allah, namun terkadang kita sering lupa, apalagi kalau pas kita dapat rezeki dan kesenangan. Paling-paling kita akan ingat Allah kalau pas kita dapat ujian dan cobaan dari Allah SWT.

Bersih kuburan, kayaknya hal ini sepele dan sudah mulai tergusur dari budaya kita, terutama orang-orang yang merasa dirinya hidup di kota. Khan sudah ada petugasnya, kita bayar petugas, sudah beres khan ?. Inilah pandangan yang sudah menghinggapi sebagian besar masyarakat kita. Nurut aku disini bukan siapa yang membersihkan kuburan, namun lebih kepada nilai spiritual kita. Dengan kita bersih kuburan, kita melihat banyaknya batu nisan yang berjajar, kita akan diingatkan bahwa kita berasal dari Allah dan akan kembali kepada Allah. Kita diciptakan dari tanah dan akan kembali ke tanah juga. Sehingga dengan ingat hal ini, diharapkan tindak tanduk kita akan selaras dengan perintah-perintah Allah SWT, tidak malah ngugu karepa dhewek. Menurut pada kemauannya sendiri.

Semoga dengan senantiasa bersyukur akan nikmat yang telah kita dapatkan dan rasakan, serta ingat akan asal-usul kita, mari kita sambut bulan Ramadhan 1429 H ini dengan hati yang bersih semata hanya mengharap Ridho Allah SWT.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Pojok Ruang, 26 Agustus 2008

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: