jump to navigation

Apa itu komputer ? Agustus 5, 2008

Posted by cahbanjar in Seputar Komputer.
Tags: , , , , , ,
trackback

Selamat pagi rekan semua, semoga hari ini kita dalam kondisi yang sehat, bregas, dan bersemangant dalam menjalani kehidupan ini. Pertanyaan itulah yang menjadi pelajaran pertamaku ketika ngangsu kawruh di bidang komputer. Apa sich komputer itu sebenarnya? Maklumlah aku agak katro dan ndeso, sehingga kala itu belum familiar betul dengan komputer. Paling-paling ya… bisa pencet sana, pencet sini bikin coretan-coretan. Kata dosenku waktu itu,
Istilah Komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda untuk setiap orang. Istilah KOMPUTER berasal dari Bahasa Latin yaitu KOMPUTARE yang berarti menghitung (to compute atau to reckon)
Ada beberapa ilmuwan yang memberikan pengertian yang berbeda tentang komputer, diantaranya:

1. BLISSMER (1985)
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

2. SANDERS (1985)
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan dalam memori.

3. HAMACHER
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output berupa informasi.

4. FUORI
Komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika tanpa campur tangan manusia.

Dari beberapa ilmuwan yang memberikan definisi yang berbeda tentang Pengertian Komputer seperti diatas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa KOMPUTER adalah : seperangkat alat elektronik yang bekerja secara otomatis sesuai dengan program yang kita masukan, dapat mengolah data, menyimpan data dalam storage memory dan menghasilkan output berupa informasi.
Begitulah kira-kira hasil dari pembelajaran yang aku peroleh, tentunya ya sudah aku dan edit disana-sini. Sekian semoga membantu.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: